Affiliate Marketing Tidak MudahBanyak yang berpikiran kalau mencari uang di Internet itu mudah melalui program affiliasi karena jika ingin membuka Toko Online harus sibuk memanage berbagai macam produk dan sistem pembayaran yang memusingkan.  Sedangkan kalau melalui blog, Anda akan pusing merawatnya dengan penulisan posting yang selalu diupdate.  Maka disarankan untuk para pemula dalam bisnis online ini untuk terjun di dunia Affiliate Marketing.  Selain cepat mendapatkan uang juga karena mudah dilakukan.

Itu benar! kalau lebih cepat menghasilkan, apalagi dengan menggunakan sistem promosi Google Adwords. Dalam hitungan jam, promosi produk kita via iklan sudah dapat dilihat melalui jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung. Tinggal berapa konversi klik yang berubah menjadi penjualan setelah mereka melihat produk Vendor atau Merchant yang kita tawarkan.

Affiliate Marketing memang sangat menjanjikan soal komisi yang didapatkan tetapi usaha yang kita tempuh juga cukup berat apalagi bagi Pemula. Mungkin dengan sedikit usaha sudah bisa mendapatkan komisi tetapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Memilih produk yang berkualitas itu mudah seperti dengan memperhatikan beberapa indikator produk misal produk clickbank.com yaitu

  • Gravity : Angka ini menunjukkan produk yang sedang “hot” di pasar yang dilihat dari banyaknya Affiliate Marketer yang mempromosikannya dan jumlah penjualan yang berhasil dilakukan. Semakin tinggi, artinya semakin “hot” barang tersebut.
  • %refd : Persentasi penjualan yang diberikan oleh Affiliate Marketer. Angka ini dapat memberikan indikasi tentang kepopuleran suatu produk.

Sebagai pertimbangan lainnya bagi Affilate Marketer, Anda bukan menjual produk dengan komisi tinggi atau memberikan keuntungan yang paling besar tetapi pilih produk yang memberikan pendapatan paling besar.

Sebagai ilustrasi mengapa Anda Menjual produk dengan keuntungan 75% sementara produk tersebut sulit untuk diterima pasar lebih baik memilih yang komisi cuma 15% tetapi produk tersebut sangat disukai pelanggan contohnya untuk saat ini produk ipad dari Apple.

Setelah produk Anda dapatkan, Anda harus mempersiapkan langkah lainnya yaitu mendesain website penjualan, beli domain dan hosting dan melakukan promosi.

Kreatifitas dan kegigihan dalam berpromosi sangat diperlukan agar produk kita cepat menghasilkan profit. Banyak Pemula yang telah memilih jenis bisnis ini karena setelah 3 bulan tidak menghasilkan atau menghasilkan tetapi jumlahnya  cuma sedikit yang akhirnya menyerah.

Untuk mengantisipasi kegagalan dalam Affiliate Marketing ada beberapa cara yang perlu diperhatikan:

  • Pelajari lebih dalam Google Keyword Tool seperti Google Insight & Google  Trends untuk mencari kepopuleran sebuah topik. Kepopuleran sebuah topik menentukan pangsa pasar yang ada. Semakin populer sebuah topik, artinya pangsa pasar yang ada semakin besar pula dan semakin besar pula peluang Anda mendapatkan keuntungan darinya. Selain itu Anda bisa mengira-ngira besarnya peluang yang ada terhadap wilayah dan negara sebagai prioritas pemasaran.
  • Informasi produk yang diminati masyarakat bise ditelusuri melalui situs-situs penjual atau situs pesaing. Amazon.com dan ebay.com merupakan 2 situs penjualan yang bersifat global dan Anda bisa menemukan produk “Best Seller” untuk dijadikan sebagai acuan.
  • Untuk membangun situs penjualan  sebenarnya Adobe Dreamweaver sudah cukup, tetapi bila tidak mampu memanfaatkan tool tersebut ada baiknya demi menjaga reputasi bisa mempercayakan kepada www.elance.com atau www.guru.com dengan biaya yang terjangkau.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Affiliate Marketing yang dalam penerapannya masih juga diperlukan usaha yang keras agar mendapatkan hasil yang signifikan. Kesuksesan di Bisnis Affiliate bukan hanya pada usaha yang keras tetapi juga ketahanan fisik dan mental dalam menghadapi masa-masa sulit. Namun jangan kuatir, bila Anda berminat menekuni Affiliate Marketing terutama produk-produk clickbank dapat belajar di Rahasia Sukses Clickbank dari Ahlinya.

Tagged with:

Filed under: Affiliate Marketing

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!