Kesalahan yang dibuat Affiliate Marketing PemulaSalah satu cara mencari uang yang dianggap mudah di internet adalah menjual produk afiliasi atau affilate marketing walaupun sebenarnya juga tidak mudah seperti membalikkan tangan. Namun cara ini terbukti ampuh menghasilkan uang secara kontinue bagi Anda yang serius dan fokus melakukannya.

Pengalaman ini saya rasakan sendiri ketika pertama kali mengenal dan memasarkan produk afiliasi baik produk dalam negeri ataupun luar negeri. Saya begitu bernafsu ingin menjual sebanyak-banyaknya produk yang saya anggap bagus dan yang paling penting cepat mendapatkan uang. Yang ada dipikiranku adalah uang uang dan uang. Namun apa yang saya dapatkan tidaklah sesuai dengan kenyataan. Saya kecewa dan hampir putus asa.

Berikut adalah kesalahan yang sering dibuat oleh Affiliate Marketing Pemula:

1. Tidak Berpikir Jangka Panjang

Selalulah berpikir untuk kesuksesan jangka panjang dan jangan mengorbankan ketidakjujuran dan manipulasi produk untuk jangka pendek demi uang. Sekali Anda dicap Affiliate Marketer Scam atau Fraud maka habislah Anda di Bisnis Online.

2. Selalu ingin menjual namun tidak ingin membantu

Menjual produk adalah tujuan utama kita namun itu sulit terjadi bila kita tidak membantu mereka (pembeli) terlebih dahulu. Menjual sebenarnya tugas dari Sales Page Merchant.
Apa bantuan kita kepada mereka? Banyak sekali dan kita menyebutnya “Pre Sell”. Bila diterjemahkan bisa berupa product review, product comparison, other customer testimony dan sebagainya. Penjelasan kita harus yang obyektif dan tidak secara langsung menyuruh mereka membeli.

3. Tidak Mengetes Pasar dan Produk terlebih dahulu

Setiap produk afiliasi yang saya pasarkan tentu sudah saya tes dan cek di forum atau pasar. Semakin banyak review dan testimoni bagus tentu akan saya pilih. Memang paling baik Andalah orang pertama yang membeli sebagai “test case”. Ada lagi yang membuat saya percaya yaitu sedang mempunyai trend naik dan minimal dengan grafik horisontal ditambah produk tersebut dibuat oleh orang yang sangat kompeten dibidangnya.

4. Terlalu Banyak yang di tangani/urusi

Awalnya saya menjadi member atau join di banyak affiliate program dengan harapan mendapatkan banyak uang. Namun itu salah besar! Justru tindakan saya membuat banyak program afiliasi yang tidak terurus dan malah ada yang memberi saya “Warning” karena tidak ada komisi yang yang saya dapat jadi saya dianggap tidak performed.

Setelah menyadari kesalahan saya, maka pelan-pelan dan satu demi satu website saya yang tidak profitable dan tidak terurus tidak saya perpanjang domainnya Saya lebih fokus pada yang memang menghasilkan saja. Jadi kesimpulannya, pilihlah program afiliasi yang benar-benar bagus, terbukti dan Anda mengetahui pasarnya. Lebih baik sedikit tetapi terurus dan mengenai sasaran.

5. Tidak Melakukan Tracking

Jangan pernah meremehkan Tracking. Dengan cara ini, akan membuat bisnis afiliasi Anda berkembang lebih besar dan membuat strategi yang efektif untuk setiap link afiliasi yang kita terapkan. Jadi kita akan mengetahui link di web mana yang converting-nya bagus dan mana yang tidak. Yang conversionnya jelek sudah sepantasnya dihindari dan yang sebaliknya dikembangkan.

6. Tidak Menjaga Kredibilitas

Jagalah kredibilitas Anda selama berkecipung di bisnis afiliasi sekalipun Anda menggunakan nama pena/ nama bisnis. Jangan pernah melakukan claim yang tidak sesuai dengan kenyataan. Bila Anda sering gagal dalam mempromosikan suatu produk tapi pernah berhasil, yaa.. yang pernah berhasil tersebut bisa disharing ke kawan lainnya.

7. Tidak Melakukan Perbandingan / Review

Cara yang paling menguntungkan dan terbaik mendapatkan komisi dari program atau produk afiliasi adalah dengan melakukan perbandingan 2 atau 3 produk (physical products) atau review untuk produk jasa/ebook/digital produk.

Mengapa? Karena konsumen biasanya bingung untuk menentukan pilihan atau pengambilan keputusan, jadi kita menjadi katalisator atau pihak yang membantu memberi gambaran mana yang terbaik buat konsumen. Coba Anda lakukan, CTR-nya tinggi lho ..(Cek Tracking ID-nya).

8. Terlalu Terpengaruh pihak lain

Jangan pernah terpengaruh kepada pihak lain yang menawarkan strategi mudah menjual produk afiliasi dengan rahasia tertentu. Itu bohong! Pengalaman pribadi saya, menjual produk afiliasi yang sudah 2 tahun lebih membuktikan “Tidak ada rahasia yang benar-benar baru” yang ada adalah:
– Bisnis afiliasi adalah suatu bisnis yang akan berhasil bila dilakukan secara terus-menerus (constant action), menjaga motivasi yang tinggi dan selalu fokus.
– Bila Anda baru sebentar mencoba (ya.. hitung bulanan-setahun), itu masih sebentar. Buat mereka yang sudah Master malah sudah lebih dari 5 atau 10 tahun.

Semoga bermanfaat!

IMAGE BY MAYURDICOSTA

Tagged with:

Filed under: Affiliate Marketing

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!