Cara Menjadi Market Leader di NicheMenjadi Market Leader di suatu niche tidaklah mudah karena diperlukan usaha ekstra yang harus dijalankan secara terus menerus tanpa kenal lelah. Bila Anda telah mampu menjadi Market Leader tentu akan sangat mudah untuk memonetisasinya.

Mempunyai keinginan menjadi Market Leader di suatu Niche adalah tujuan yang bagus namun sebelum itu Anda harus menguasai sumberdaya di Niche tersebut mulai dari update content, menjawab pertanyaan pengunjung, produk apa yang mampu memuaskan atau solusi bagi pengunjung dan masih banyak lagi yang harus dilalui.

Latar belakang karir yang mendukung, passion, pendidikan, minat dan pengalaman adalah Guru terbaik agar Anda tidak kehabisan energi dalam membesarkan niche yang Anda pilih. Niche yang berkembang dengan pesat tidak bisa dilakukan dalam sebulan dua bulan, namun bisa minimal setahun atau bahkan lebih.

Berikut adalah cara Bagaimana Cara menjadi Market Leader di suatu Niche yang Anda pilih:

1. Optimasi SEO dan Promosi

Teknik SEO dan Multiple Promosi harus Anda kuasai sebelum melakukan step yang lain. Menjadi Market Leader suatu Niche yang Anda pilih tidak bisa terlepas dari Traffic yang tinggi.

2. Melakukan Inovasi

Bila traffic Anda tinggi agar pengunjung yang kembali (Returning Visits) juga tinggi prosentasinya maka diperlukan berbagai usaha inovasi agar mereka semakin betah browsing di blog Anda.

Ada beberapa cara agar mereka betah berkunjung di blog Anda seperti:

  • Sistem Navigasinya mudah.
  • Loadingnya cepat (tidak lebih dari 10 detik) dengan cara mengetesnya diberbagai jenis komputer dan Browser
  • Konten Anda bermanfaat (memberi Solusi) dan sering diupdate.
  • Adanya “Related Posts” dibawah posting agar pengunjung selalu ingin membuka topik yang lain yang menurut mereka berhubungan.
  • Jangan terlalu banyak iklan.
  • Perlu diperhatikan formatnya mulai dari paragraf yang pendek, huruf jelas dan tidak terlalu kecil, ada gambar minimal 1 atau image pendukung lainnya.
  • Adanya Internal linking minimal 3 link karena selain pengunjung senang, search engine juga menyukainya.
  • Kalau ada disertakan video
  • Dan masih banyak lagi.

3. Aktif Melayani dan Berkomunikasi

Bila ada pengunjung yang mengirim komentar sebaiknya cepat dijawab serta pertanyaan-pertanyaan lain yang berhubungan dengan blog, cara memonetisasi, dll.

Menjawab pertanyaan juga mungkin datang melalui email Anda. Semua yang Anda lakukan berhubungan erat dengan membangun kredibilitas sebagai seorang Internet Marketer.

4. Membangun “Community Group” & List

Bila memungkinkan dan mempunyai dana yang cukup sebaiknya membuat Autoresponder yaitu mengirimkan email newsletter secara regular dan Anda bisa belajar bagaimana membuat Autoresponder yang baik. Walaupun Anda telah mengeluarkan uang bulanan namun yang Anda lakukan sebenarnya adalah memonetisasi blog melalui list building.

7. Mintalah Feedback

Terakhir adalah mintalah Feedback ke pengunjung. Baik dan buruk setiap feedback yang datang tanggapilah dengan respon yang baik. Setiap tindakan kita kepada pengunjung sebenarnya membangun kredibilitas dan kapabilitas jangka panjang.

Selamat berkarya!

IMAGE BY ALEJOCOCK

Tagged with:

Filed under: Bisnis Internet

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!