Google Panda ImageSejak tahun 2005, Google telah mengubah beberapa kali sistem algoritmanya. Banyak pemilik website atau blog yang kalang kabut menghadapinya. Google melakukan ini karena berbagai tekanan dan komplain dari berbagai pihak yang selama ini kecewa karena sebagai “Search Engine” utama di muka bumi ini tidak memberikan hasil pencarian yang sangat relevan dengan kata-kata yang diketikkan, tetapi malah banyak keluar informasi sampah. Banyak sekali website atau blog yang muncul dari hasil pencarian merupakan “pengakalan” teknik SEO untuk jenis keyword yang dibidik para Internet Marketer atau Blogger.

Dengan adanya Google Panda di tahun 2011 ini telah menjadikan banyak pemain bisnis online berbenah diri untuk menghindari jatuhnya ranking di mesin pencari. Google saat ini tidaklah bodoh lagi seperti 10 tahun yang lalu saat awal kemunculannya yang bisa dimanipulasi dengan teknik SEO dan cara-cara lainnya. Diperlukan strategi perubahan dalam menghadapi Google Panda agar tetap eksis di bisnis internet, traffic tetap tinggi dan tentu juga income yang berkelanjutan agar Sukses di Bisnis Online.

Strategi Mengatasi Google Panda:

1. Fokus pada Niche dan Konten

Pilihlah niche yang memang menarik dan profitable. Dari pada ingin menguasai skala yang besar tetapi gagal bersaing dengan website atau blog yang sudah lama lebih baik fokus untuk hal tertentu tetapi Anda menjadi jawaranya. Misalnya pemilihan niche “golf” itu bagus tetapi fokus hanya di “golf swing” adalah lebih baik.

“Content is a King”. Itu benar. Google saat ini lebih memilih konten yang selalu ter-update dengan tanggal yang rutin “publish” dari pada dilakukan berkelompok secara otomatis. Oleh karena itu update-lah konten secara terus menerus.

2. Pertimbangan Kunjungan

Aspek lain yang tidak kalah pentingnya adalah “traffic repetition”, “average page views per visit” dan ” time on site”. Pengunjung akan betah berkunjung di website kita tentu bila konten kita bagus, tampilan menarik dan memberikan “value” yang berguna.

Oleh karena itu, setiap blog atau website yang Anda miliki wajib dihubungkan dengan Google Analytics untuk mengetahui berbagai indikator tersebut di atas.

3. Pentingnya Social Media Sites

Saat ini Facebook telah menjadi saingan berat Google. Oleh karena itu penggunaan Facebook sebagai media sosial telah menjadikannya rujukan penting dalam mesin pencarian. Selain itu masih ada yang lain seperti Twitter, Friendster, etc. Bergabung dengan social media sites tersebut dan lakukan koneksi ke website Anda. Teknik diversifikasi ini sangat disukai Google Panda.

4. Nilai Tambah (Value Added)

Konten yang berkualitas dengan pemikiran yang dalam dan memberikan solusi bagi pengunjung sangat diminati Google Panda. Lakukan riset keyword kecil-kecilan sebelum membuat konten agar mengetahui dengan jelas apa sih yang dicari pengunjung.

Konten yang bagus dan relevan dengan produk yang ditawarkan juga sangatlah penting jadi ada “problem solving” di dalamnya.

5. Fokus pada Pengunjung bukan Google

Pengunjung yang puas dan balik lagi dengan time on site lebih lama tentu akan menjadikan catatan penting bagi Google Panda. Bila pengunjung naik secara konsisten tanpa “diakalipun” Google akan memberikan search position dan page rank (PR) yang lebih baik buat Anda.

Bila Anda mampu mengatasi Google Panda maka secara otomatis dapat meningkatkan kredibilitas Internet Marketer.

Selamat mencoba!

Tagged with:

Filed under: Bisnis Internet

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!