Niche yang MenguntungkanSebelum memutuskan untuk menjual suatu produk atau jasa di bisnis online, pertama kali yang perlu dilakukan adalah menentukan apakah niche yang akan kita pilih benar-benar bisa memberikan profit buat kita. Apabila ternyata niche tersebut tidak terdapat pembeli yang potensial, untuk apa harus kita pilih.

Pemilihan niche yang menguntungkan ini tidak saja berhubungan Affiliate Marketing, tetapi juga berlaku bagi yang berniat terjun ke dunia Blogging.

Bersusah payah terhadap niche yang kering dapat berarti hanya akan membuang-buang waktu, tenaga, pikiran dan tentunya biaya yang tidak kecil.

Sudah banyak para Internet Marketer ataupun blogger yang gagal ataupun tidak bersemangat lagi karena setelah beberapa bulan atau tahun berkecipung menekuni bisnis online tidak berbuah manis.

Berdasarkan pengalaman sendiri terungkap bahwa motivasi terbesar dalam bisnis internet adalah Uang. Apalagi bagi yang sudah lama bergelut dengan dunia maya pastinya akan mengeluarkan biaya secara rutin seperti biaya hosting, beli domain, berlangganan tool tool yang mempercepat kita kerja seperti untuk keyword research, backlinks, autoresponder, dll.

Tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak yang menggunakan cara gratisan seperti hosting, domain, dll. Namun sepengetahuan saya cara-cara tersebut  mengurangi kredibilitas, kurang serius ataupun hasilnya cuma sedikit. Kalau uang yang kita dapatkan kecil tentunya akan mengurangi motivasi dan akhirnya akan mundur ataupun lebih memilih bisnis offline saja.

3 Teknik Utama dalam memilih Niche yang menguntungkan adalah :

1. Sesuai hobi, ilmu, kerja dan Cinta

Sebagian orang akan rela mengeluarkan uang demi untuk memenuhi hobinya. Contoh konkritnya adalah bila Anda seorang Gamer, maka Anda tidak akan sayang mengeluarkan uang berapapun demi memuaskan hobi tersebut. Hobi lain yang tak kalah gilanya dalam membelanjakan uang adalah bermain Golf.

Demikian juga yang berhubungan dengan ilmu, cinta dan kerja, kita menyebutnya “Hot Market”. Dibawah ini sebagian niche yang menguntungkan dan bisa dipertimbangkan untuk dipilih.

1. Weddings

2. Best Speeches

3. Get Back with Ex

4. Travel

5. Video Gaming

6. Loans

7. ipods and ipads

8. Golf

9. weight loss

10. Hair loss solution

2. Trend Populer

Jangan pernah memaksakan untuk menjual produk yang sudah kedaluwarsa atau trends sudah turun. Ini ada dua kemungkinan, pertama memang produk tersebut sudah membanjir di pasaran ataupun mungkin kurang laku. Walaupun masih bisa menjual, tetapi sudah kurang prospektif dan tentu juga conversion ratenya rendah.

Tentu Anda bertanya bagaimana cara mengetahui bahwa trends suatu produk? Ada beberapa cara:

1. Visit to Google Trends

2. Cek di website yang sudah terkenal seperti Amazon, clickbank, dll.

3. Pembeli yang Bermasalah atau Sakit

Banyak orang bermasalah di dunia ini. “People who are searching for a solution their problems”. Bagi seseorang yang ingin tampil tetap cantik, sehat dan awet muda tentu mereka akan mencari produk kesehatan “Anti Aging’. Demikian juga dengan orang yang botak atau rambutnya sering rontok, pastinya mereka akan mencari produk ‘Hair Loss Solution”.

Awalnya memang agak kesulitan cara memilih niche yang tepat, tetapi lama-lama akan terbiasa juga. Memilih niche yang menguntungkan tentunya akan mempercepat menghasilkan uang via internet.

Selamat mencoba!

Tagged with:

Filed under: Bisnis Internet

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!