Bisnis Online tanpa UangBisnis online termasuk yang paling murah atau memerlukan modal yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua orang yang berniat di bisnis online mempunyai uang atau enggan mengeluarkan uang. Memiliki sebuah komputer (PC) plus sambungan internet kita anggap sudah lebih dari cukup.

Beberapa alasan mengapa Anda menginginkan bisnis online tanpa uang karena:

– Belum mempunyai pekerjaan yang tetap.
– Masih bergantung kepada orang lain seperti orang tua, saudara atau teman.
– Masih belum percaya dengan bisnis online.
– Mendahulukan kebutuhan lain yang dianggap lebih penting.
– Takut ditipu oleh pihak lain kalau bertransaksi via online.
– Mempunyai pengalaman buruk masa lalu di dunia online (Cyber crime history)
– Melakukan tes yang gratis dulu, setelah menghasilkan baru mau mengeluarkan uang.

Berbagai alasan di atas sangat bisa dimaklumi apalagi Anda belum pernah merasakan manisnya hasil atau uang dari bisnis online. Hal ini pernah dirasakan sendiri oleh Penulis saat membeli video tutorial yang mengajarkan bisnis afiliasi dengan clickbank. Saat itu pada bulan Oktober 2010 saya telah mengeluarkan uang sebesar Rp 256.000 dan sekaligus menjadi membernya. Semua video tersebut dapat saya pelajari setelah mendownloadnya. Lebih dari 20 video yang saya telah saya pelajari dan praktekkan.

Yang terpenting adalah niat yang kuat, perencanaan yang matang (day to day activities), Action dan konsistensi. Setelah itu kesabaran dan ketahanan menjadi kunci berikutnya. Setelah Anda melakukan semua Action di atas uang akan datang dengan sendirinya.

Berikut adalah cara-cara bisnis online tanpa uang yang bisa Anda praktekkan:

1. Belajar Sendiri dari Website Mentor

Saya yakin sebelum Anda memutuskan terjun ke bisnis online tentu telah mempunyai wawasan awal yang cukup dari berbagai sumber seperti dari Om Google, buku-buku, informasi teman, situs jejaring sosial dan lain-lain. Nah pilihlah orang atau website yang Anda anggap bisa dipercaya sebagai Mentor Anda. Pelajari sendiri semua skills yang dibutuhkan dari dalamnya. Kalau dianjurkan beli atau bayar dengan tool yang dibutuhkan pilihlah yang gratis atau cara manual dulu.

2. Rencanakan & Fokus Step by Step

Setelah itu pilihlah niche yang menjadi passion Anda sekaligus membuat website atau blognya. Tulislah step by step dengan detil dan urut apa saja yang harus Anda lakukan hari ini, besok, lusa dan seterusnya. Jangan pernah berpindah bidang lain sebelum Anda menghasilkan uang.

3. Lakukan apa yang Mentor lakukan

Mentor biasanya menulis apa yang dia lakukan dan hindari. Hal ini perlu Anda ikuti agar Anda tidak kesasar dan menempuh jalan yang sulit. Bila Anda bisa berbahasa Inggris akan lebih baik karena Anda bisa memilih website Mentor dari luar negeri dengan produk internasional. Jadi pasarnya lebih luas.

4. Berlangganan E-mail Marketing si Mentor

Berlanggananlah email marketing sang Mentor. Biasanya mereka akan mengupas bisnis online secara lengkap serta memberikan tips dan trik yang bisa Anda praktekkan melalui email yang telah Anda isikan. Anda akan menerima tips dan berbagai trik secara teratur.

5. Amati Social Media yang digunakan Mentor

Di samping itu mengamati social media yang digunakan sang Mentor juga perlu dilakukan seperti facebook, twitter dan google plus.

6. Gunakan Free Resources

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online menggunakan sumber daya atau Resources Tools. Tapi Anda masih bisa memilih yang gratis alias tidak bayar yaitu caranya tinggal ketikkan di SERP Google maka Anda akan disuguhi berbagai macam tool gratis yang bisa Anda pilih.

7. Pelajari Cara Memonitesasi Market Leader di Niche yang Anda pilih

Ini merupakan hal yang perlu Anda pelajari dengan seksama karena dari memonetisasi blog atau websitelah Anda akan mendapatkan uang. Beberapa hal yang umumnya digunakan Mentor dalam memonetisasi blognya seperti:
– Menyelipkan link program afiliasi.
– Memasang banner produk afiliasi.
– Memasang google adsense.
– Menjual produk sendiri seperti E-book, video, dll.
– Menjual membership program (Sistem Keanggotaan).
– Menyediakan slot untuk pihak yang mau beriklan.
– Dan masih banyak lagi.

8. Pelajari cara mengembangkan bisnis

Bila Anda ingin mendapatkan income yang lebih besar, mengembangkan bisnis tentu harus Anda lakukan seperti berkomunikasi dengan Mentor melalui email-nya. Bila telah mulai menghasilkan mengikuti seminar dan memiliki video pembelajaran berkualitas dari sang ahli di bisnis online menjadi prioritas Anda selanjutnya. Selain itu menyeting email marketing sendiri juga pilihan yang baik.

Semoga bermanfaat!

IMAGE BY BOHEMIAHEART

Tagged with:

Filed under: Bisnis Internet

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!