Cara Efektif Mengelola banyak websiteMembuat banyak website atau blog adalah tidaklah sulit namun mengelolanya tidaklah mudah. Lelah, jenuh, tidak ada ide, malas dan kadang-kadang kehilangan motivasi adalah beberapa sebab mengapa banyak yang mempunyai website menjadi terbengkalai atau tidak terurus atau dengan kata lain akan mati suri.

Pilihan menjadikan Anda seorang blogger profesional atau menjadi Internet Marketer sebagai pekerjaan tetap mau tidak mau mengelola semua website dengan baik adalah kuncinya. Mengelola satu atau dua website itu mungkin masih mudah namun kalau sudah puluhan atau bahkan ratusan menjadi semakin rumit.

Alasan mengapa dan bagaimana kita harus mengelola semua website dengan baik adalah:

1. Terus terang kita membutuhkan kontinuitas hasil (uang) dengan cara terus mengupdate konten.

2. Kita bisa menerapkan skala prioritas agar hasilnya tetap maksimal.

3. Agar konten kita selalu diindex Google atau search engine lain karena website atau blog kita dianggap ada “kehidupan” karena adanya update fresh Content.

4. Kita bisa menilai mana website niche yang menguntungkan dan mana yang tidak. Bila tidak menguntungkan perlu dievaluasi atau dimatikan saja sehingga tidak memakan banyak energi dan sumber daya.

5. Cara terbaik membesarkan banyak website adalah dengan melakukan outsourcing.

Bila Anda serius menekuni dunia online atau internet marketing yang sebagian besar Anda kelola sendiri maka berikut adalah trik dan caranya:

1. Mau belajar berbagai macam skill dasar seorang diri agar bisa mengatasi masalah yang timbul. Jadi intinya kita menjadi “Superman

2. Bersedia bertanya dan belajar dari pihak-pihak yang kompeten.

3. Tidak ada rahasia dalam internet marketing namun yang ada adalah goal, konsistensi dan kesabaran.

4. Pilihlah jenis bisnis yang sedikit pemeliharaan dan sedikit resiko (Low Maintenance and low Risks).

5. Pilih website niche utama yang memang menghasilkan, mudah dan Anda sukai.

6. Mengelola banyak website niche sangat dibutuhkan manajemen waktu, motivasi dan fokus.

7. Jangan sekali-kali pindah ke jenis bisnis lain sebelum bisnis tersebut benar-benar menghasilkan.

Pengalaman pribadi saya dalam mengelola banyak website niche adalah sebagai berikut:

– Awalnya saya mengelola banyak blog dan affiliate sites, namun setelah berjalan 2 tahun, saya memilih fokus ke blog utama dan sedikit affiliate site yang memang benar-benar menghasilkan, sementara yang kurang menghasilkan saya hapus atau tidak memperpanjang domain yang telah saya miliki.

– Dalam mengelola banyak website Afiliasi, saya memasang Opt-in News Letter untuk mendapatkan Nama dan email para visitor. Kemudiandengan fasilitas  Email Marketing tersebut saya setting antara 10 – 20 email balasan otomatis dengan selang kiriman 2 kali seminggu.

– Saya belajar bagaimana menulis autoresponder yang baik dengan prinsip 2X memberikan tips dan berikutnya menawarkan produk afiliasi secara soft Offer.

– Yang penting dalam mengelola banyak website dan blog adalah mempunyai motivasi tinggi, fokus dan pintar mengatur waktu. Setiap hari paling tidak saya sempatkan 1-2 jam untuk melakukan Daily Tasks dan kalau sedang banyak waktu atau libur waktunya bisa lebih lama, ya.. bisa 4-10 jam perhari.

– Pekerjaan rutin saya tentu ada 2 yang pokok yaitu meng-update konten blog/website dan Promosi 2 blog utama dan semua website afiliasi.

Semoga bermanfaat dan sukses!

IMAGE BY RAFA2010

Tagged with:

Filed under: Bisnis Internet

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!