Sumber Penghasilan BlogBila ingin menjadikan blog sebagai passive income dan sumber penghasilan utama dalam hidup Anda, maka jangan pernah menggantungkannya hanya pada satu jenis pendapatan. Mengapa? Dunia internet atau website dapat berubah setiap bulan bahkan setiap saat.

Google menjadi besar seperti sekarang ini karena dia selalu menyesuaikan dengan teknologi baru, kemauan konsumen, ketepatan dalam relevansi search engine dan bersaing dengan kompetitor lainnya demi memberikan yang terbaik untuk konsumen, publisher dan advertiser serta pihak-pihak yang terlibat lainnya.

Beberapa sumber income bagi blog yang layak untuk dipertimbangkan:

1. Google Adsense & Chitika eMiniMalls ads

Jenis pendapatan ini adalah apabila pengunjung melakukan klik pada iklan yang dipasang di blog kita maka kita akan dibayar oleh Google. Hal terkenal dengan sebutan PPC (Pay Per Click) atau ada juga dengan cara PPI (Pay Per Impression). Sudah banyak para blogger yang berhasil setelah bergabung dengan Google Adsense. Alternatif berikutnya adalah bergabung dengan Chitika. Namun iklan Anda baru akan membuka bila pengunjung yang datang ke artikel Anda berasal dari negara Amerika atau Kanada.

2. Donation dan Text Link Ads

Bila traffic blog Anda besar dan Anda dapat menampilkan genuine value yang sangat bermanfaat bagi pengunjung, mereka tidak segan-segan melakukan donasi melalui Paypal Anda atau bahkan melalui cek. Dengan kata lain pengunjung diajak berkontribusi secara sukarela. Selain itu Anda bisa memasang text link ads untuk mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya.

3. Affiliate Programs

Ada banyak Affiliate Marketing yang bisa Anda pilih mulai dari Amazon, clickbank, shareasale, commision junction, dll.

4. Advertising

Bila blog Anda telah ramai bukan tidak mungkin akan ada orang atau perusahaan yang tertarik untuk menyewa tempat di blog Anda dan memasang iklan di sana. Space yang disewa biasanya yang strategis dan berpotensi diklik oleh pengunjung sehingga si pemasang iklan tidak merugi.

5. Product Review

Bila kredibilitas Anda baik dan sudah terbukti mampu memberikan ulasan yang menarik bukan tidak mungkin Anda akan ditawari untuk memberikan review untuk produk tertentu. Bagi pemula harga $1 – $10 saya kira sudah lebih dari cukup, tetapi bila sudah mahir maka bukan tidak mungkin Anda dihargai $50 – $200 per artikel dalam bahasa Inggris.

6. Bisnis E-Book

Jenis Bisnis E-Book ini masih sangat laku di pasaran, apalagi bila E-Book tersebut berkualitas, harganya tidak mahal, ditulis oleh sang Ahli serta mampu memberikan “value Added” bagi pembacanya.

Untuk nomer 1-3 dapat dikatakan bahwa income Anda dapat bekerja secara otomotis kecuali untuk nomer 4, 5 dan 6 masih membutuhkan campur tangan kita dalam pengelolaannya.

Untuk mendapatkan penghasilan yang optimal dibutuhkan berbagai test atau eksperimen. Setiap perubahan yang kita lakukan, bisa dilihat hasilnya dalam kurun waktu 2 minggu sampai 1 bulan ke depan. Bila hasilnya maksimal teruskan dan bila hasilnya sedikit perlu direview kembali apakah ada yang salah atau tidak benar dalam penempatannya. Sementara yang tidak menghasilkan sebaiknya diganti saja.

Penghasilan yang besar dalam blog adalah suatu proses yang panjang dan membutuhkan energi yang tidak kecil. Oleh karena itu kesabaran dan keuletan sangat dibutuhkan dalam mengelolanya. Tidak sedikit para Blogger yang berhasil telah merasakan pahit getirnya dunia blogging sebelum akhirnya lulus dan menerima hasilnya yang luar biasa.

Tagged with:

Filed under: Blogging

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!