Cara Meningkatkan Penghasilan BlogBlog yang kita buat selain digunakan untuk menyalurkan hobi, memberikan informasi yang menarik kepada para pembacanya juga bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan uang. Motivasi yang terakhir inilah yang sekarang menjadi dorongan sebagian besar Blogger di Indonesia maupun dunia.

Banyak Blogger baru bermunculan bagai jamur di musim hujan dengan iming-iming uang melimpah lewat blog tapi setelah 3 bulan gagal mendapatkan apa yang mereka inginkan, banyak diantara mereka frustrasi dan mundur. Awalnya mungkin blog tersebut jarang lagi memuat postingan baru dan pada akhirnya tidak terurus.

Perlu diketahui oleh para Blogger, bahwa 1 tahun pertama merupakan tahun tersulit sebelum mendapatkan pengunjung (traffic) yang stabil. Secara matematis traffic yang tinggi berpotensi mendatangkan uang juga yang cukup tinggi asal kita tahu cara mengelolanya. Bagaimana caranya?

Cara Meningkatkan Penghasilan Blog:

1. Mengoptimalkan Penempatan Iklan

Iklan merupakan salah satu pendapatan blog contohnya Google Adsense.  Kita perlu selalu bereksperimen dalam penempatan iklan. Cek! Seberapa sering iklan tersebut diklik oleh pengunjung. Lakukan penempatan berubah-rubah dalam 3 minggu dan lihat hasilnya. Apakah perlu juga dirubah formatnya. Nantinya kita akan mengetahui tempat terbaik yang memberikan penghasilan maksimal.

2. Promosikan Keahlian Kita

Bila Anda mempunyai keahlian yang bisa dijual, sebaiknya diberitahukan kepada pengunjung. Keahlian tertentu bisa berupa pembuatan website, design produk, jasa penulisan artikel atau optimasi SEO.

Semua itu merupakan Value Added bagi Anda dan bisa ditempatkan pada page khusus. Bila ada yang tertarik dan cocok dengan harga yang kita tawarkan, bukan tidak mungkin itu merupakan income tambahan buat kita.

3. Buat Daftar Situs & Review Produk

Idealnya produk yang kita review itu pernah kita beli, sehingga kita tahu betul kelebihan dan kekurangannya. Namun bila dana tidak ada, ada cara lain untuk mensiasatinya yaitu melihat review produk tersebut diwebsite lain atau yang dibahas di forum-forum.

Bila tanggapan mereka baik dan positif berarti memang produk tersebut berkualitas. Usahakan ulasan yang kita buat obyektif dan tidak ada kesan menggurui atau membuat statement seolah-olah yang tidak mau membeli itu bodoh. Pengunjung itu pintar-pintar lho.. mereka melakukan pembelian suatu produk itu pasti telah melewati pertimbangan matang dan browsing yang lama.

Review produk sebaiknya diarahkan kesitus pemilik produk tersebut yang sudah di-link affiliate kita. Review produk dibuat secara teratur. Produk yang direview itu bisa berupa E-book, software, MP3, Course Module, Physical Products (Amazon.com), dll. Penghasilan dari Affiliate Marketing juga sangat menjanjikan jika ditekuni dengan serius.

4. Membangun Networking

Tidak bisa disangkal lagi bahwa menjalin komunikasi dengan blog lain yang memiliki pasar yang sama sangat berguna dalam mengembangkan blog. Kita perlu belajar dari blog-blog sama yang telah sukses. Selain untuk berguru juga dapat mendatangkan traffic. Jadi kesuksesan kita selain tergantung bagaimana teknik penjualan yang baik juga kemampuan menjalin hubungan dengan berbagai pihak.

Bila, cara-cara diatas masih kurang memuaskan, perlu juga dicoba teknik menetisasi baru, misalnya affiliasi tidak hanya dengan satu vendor tetapi dicoba dengan vendor lain atau produk lain juga. Memang tidak ada acuan yang baku bagaimana cara mendapatkan uang yang banyak via blog. Hanya satu caranya yaitu : Test dengan cara ini! dan lihat hasilnya. Bila hasilnya tidak memuaskan tinggalkan tapi bila incomenya besar lanjutkan.

Kedengarannya lucu dan sepele, tapi itulah dunia Internet Marketing yang selalu berkembang dan dinamis. Pengunjung dan mesin pencari (Google, Yahoo, dll) sangat menyukai blog atau website yang mempunyai “Kehidupan” di dalamnya.

Selamat bereksperimen!

Tagged with:

Filed under: Blogging

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!