strategi email marketingSalah satu pendapatan bisnis online adalah melalui email marketing. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Dengan kata lain “Your Money on the List”

Dengan membangun list melalui Optin Newsletter akan menjadikan Anda mempunyai pelanggan tetap yang sewaktu waktu siap membeli produk yang Anda tawarkan.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan jumlah list agar tingkat konversinya menjadi tinggi dan selalu meningkat. Lebih baik lagi kalau ada konsistensi pendapatan sehingga ada dana untuk menutup semua atau sebagian biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Untuk memperlancar dan mengamankan jumlah list yang Anda kumpulkan, sebaiknya menggunakan jasa pihak ketiga seperti GetResponse yang telah terbukti mampu menangani dan mengelola email list dengan menyediakan daftar statistik dan form Opt-in untuk ditempatkan di website Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuka account di mana akan GRATIS 1 bulan pertama. Jika Anda merasa cocok dan berguna lanjutkan dan jika tidak, Anda bisa berhenti berlangganan.

Jika Anda merasa bahwa berlangganan jasa ini sangat bermanfaat maka selanjutnya menulis autoresponder yang baik sebagai kelanjutan proses email marketing yang Anda terapkan bisa menghasilkan.

Di bawah ini adalah salah satu contoh Form Opt-in untuk menangkap email pengunjung yang datang:

Contoh Opt-in untuk menangkap email pengunjung

Berikut adalah cara mempromosikan Opt-in (Form penangkap email visitor) agar menjadi list Anda:

1. Penempatan Form Opt-in

Memiliki opt-in dengan konversi yang tinggi adalah impian setiap Pebisnis online. Semakin tingginya jumlah list yang Anda miliki akan semakin menunjukkan bahwa Anda telah mempunyai konsumen potensial yang siap membeli apapun yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu penempatan opt-in yang tepat sangatlah penting untuk diketahui yaitu:

  • Ditempat yang mudah dilihat oleh visitor website atau blog Anda.
  • Diletakkan disebelah kanan atas dari sidebar.
  • Di sisipkan di widget yang mudah dilihat tanpa harus scrolling kebawah.

2. Letakkan juga Form berlangganan newsletter Anda di Facebook Page Anda.

Dengan demikian Anda mengundang mereka di email list Anda. Mempunyai teman yang banyak atau ribuan jumlahnya akan menjadi konsumen yang potensial juga nantinya.

3. Buat Squeeze Page khusus buat Opt-in Anda

Jadi setiap link yang Anda telah buat baik itu di forum, blog, website, blogging tamu, facebook dan dimana aja langsung diarahkan ke squeeze page yaitu page yang bertugas menangkap email list.

4. Berikan Bonus

Banyak pengunjung yang sudi memasukkan alamat email mereka di Opt-in setelah diiming-imingi dengan adanya bonus atau insentif. Pada dasarnya dunia maya sama dengan dunia nyata, dimana pelanggan akan rela memberikan data mereka asalkan diberikan bonus.

5. Lakukan tes, tes dan tes.

Semua yang telah Anda rancang akan terlihat efektif dan tidak dengan berjalannya waktu. Jika konversinya tinggi maka strategi bisa diteruskan dan jika konversinya kecil maka dicoba strategi lain.

Semoga bermanfaat!

IMAGE BY OPPORTPLANET

Tagged with:

Filed under: E-Mail Marketing

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!