Berapa kali mengirim email marketingSaat Anda sudah memutuskan untuk menghasilkan uang melalui email marketing maka sudah sepantasnya Anda mengelola pengiriman serial email secara profesional dan tepat guna. Semua ini akan mempengaruhi hasil atau tingkat income dan trafik yang datang ke blog atau website Anda.

Mengirimkan email terlalu sering tidaklah bagus dan terlalu jarang juga tidak akan efektif. Bila hal  ini yang terjadi maka kemungkinan banyak subscriber (Pengunjung yang telah menjadi list email) akan pergi atau melakukan Unsubscribe.

Oleh karena yang menjadi kata kunci adalah Anda akan selalu diingat oleh mereka dan mengenangknya karena senantiasa mengirimkan artikel, tips, ebook  bonus dan atau manfaat lainnya dan bukan dianggap sebagai SPAMMER.

Paling tidak Anda menyiapkan konten atau artikel yang bermanfaat dan diselingi dengan penawaran (Pre-Sales) Produk dan bisa juga berupa review produk selama sebulan penuh. Lebih baik lagi jika telah disiapkan selama 3 bulan.

Saat yang tepat untuk mengirimkan email adalah setiap hari Senin pagi atau Jumat sore. Kedua waktu tersebut dipilih karena mempunyai beberapa kelebihan. Untuk senin pagi dianggap tepat karena setiap orang masih segar karena hari pertama kerja dan memerlukan informasi baru untuk perubahan dan mendapatkan wawasan yang lebih luas.

Sementara hari Jumat dipilih karena saat yang tepat untuk instirahat setelah seminggu lelah bekerja dan ingin menggali informasi baru yang bermanfaat. Jumat malam sampai Minggu dimanfaatkan untuk bepergian dan santai di rumah dengan browsing untuk mencari segala informasi dan membuka email yang mungkin ada berita yang penting atau tugas yang perlu di follow up. Bukankah artikel dan konten Anda juga melalui email!

Pengiriman yang efektif dilakukan paling tidak seminggu 2 kali atau paling telat seminggu sekali. Jumlah pengiriman juga tidak terpaku dengan sekali atau 2 kali seminggu karena bisa saja dilakukan seminggu 3 kali jika memang ada issue yang mendesak atau lagi uptodate untuk dibahas di mailing list.

Melakukan berbagai tes atau percobaan diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Lakukan analisis setiap hasil yang didapat dan kemudian lakukan penyesuaian setelah mendapatkan berbagai respon atau feedback dari para pembaca Anda.

Strategi menerapkan kapan dan berapa kali mengirimkan email dianggap gagal atau tidak efektif jika terjadi banyak yang unsubscribe dan memberikan respon complain atau keluhan. Hal ini jelas email Anda dianggap sebagai Spam.

Mengapa hal ini bisa terjadi:

  • Konten atau artikel yang Anda kirim dianggap tidak relevan dengan kebutuhan Mailing list.
  • Isi email Anda berada jauh dari harapan mereka.
  • Anda tidak memenuhi janji saat mereka mengisi alamat email

Oleh karena itu temukan ide baru yang unik, berikan bonus tambahan dan tips yang benar-benar bermanfaat serta tanyakan kepada mereka apa yang tidak memuaskannya.

Semoga bermanfaat!

IMAGE BY CRAIG KLEIN

Tagged with:

Filed under: E-Mail Marketing

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!