Sukses Pemasaran CerukSebelum kita meluncurkan produk ke pasar, terlebih dahulu dilakukan riset yang seksama. Langkah-langkah yang perlu diambil adalah:

1. Kenali Dahulu Pasar yang dituju

Langkah ini sangat penting sebelum menentukan langkah berikutnya yaitu menentukan produk. Percuma saja produk atau jasa itu bagus tetapi tidak ada pasarnya. Maksudnya produk tersebut tidak ada pembelinya.

Sebaik apapun produknya dan sehebat apapun cara pemasarannya tetapi  bila tidak ada pasar yang mau menerima maka akan  sia-sia usaha kita.

Pertanyaan yang timbul : ” Kepada siapa Anda menjual dan apa keinginan mereka?” Dalam hal ini produk menjadi nomor 2.  Sebagai contoh, bila kita ingin menjual makanan baru seenak apapun makanan itu namun dengan rasa yang pedas dan dipasarkan di daerah Yogyakarta, dimana sebagian besar orangnya suka manis maka akan sia-sia usaha kita. Tetapi sebaliknya bila kita kita menjual air di daerah Gunung Kidul pada musim kemarau walapun air tersebut tidak tidak sebagus atau kualitasnya sebaik AQUA, maka mereka akan berebut untuk membelinya.

Jadi sekarang kita harus berpikir terbalik dan fokus bukan pada produk yang ideal tetapi pada pasar yang ideal. Setelah ketemu baru ditanyakan apa kemauan mereka.

Banyak diantara kita yang sudah mengantongi produknya sebelum melakukan riset untuk menemukan pasarnya. Selanjutnya adalah : “Pasar bagaimana yang kita cari?”

2. “Hungry Market”

Yang dimaksud dengan pasar yang lapar adalah :

  • Mereka harus mempunyai uang. Tidak ada gunanya menjual barang kepada orang yang tidak berduit. Walaupun kemauan mereka tinggi tetapi karena tidak ada dana maka mereka hanya melihat-lihat saja dan tidak akan terjadi transaksi.
  • Mereka harus mempunyai keinginan yang tidak rasional menyangkut hobi, masalah serius dan topik tertentu. Bila kita mempunyai hobi contohnya main bola maka kita akan membeli semua perlengkapan yang berhubungan dengan bola, accessories, training sepak bola dan semua hal yang berhubungan dengan sepak bola.
  • Jumlah mereka harus banyak & mudah dijangkau. Bila jumlahnya terlalu kecil maka penjualan produk kita juga akan tidak menguntungkan. Demikian juga jika konsumennya sukar dijangkau oleh internet.
  • Kompetisinya tidak terlalu ketat. Bila persaingan tinggi maka akan dibutuhkan usaha dan biaya yang tinggi dalam Internet Marketing dan mungkin hasilnya kurang sepadan dengan usaha dan biaya yang telah kita lakukan dalam promosi.

Bila kita telah menemukan kelompok konsumen seperti ini asalkan dapat memuaskan hasrat mereka, maka pekerjaan menjual menjadi lebih mudah. Meskipun sales website dan produknya tidak sempurna maka Anda akan tetap berhasil menjual produk ke mereka.

Hal ini sangat cocok diterapkan untuk Pemula dalam bisnis internet. Nanti suatu saat bila Anda telah lama berkecipung di dunia Internet Marketing, bukan membuat website, memilih produk ataupun memposting artikel tetapi bagaimana meningkatkan skill dalam melakukan riset pasar untuk menemukan pasar niche yang menguntungkan.

Bagaimana mencari Pasar Ceruk?

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mencari pasar ceruk misalnya:

  • Kita dapat menggunakan Wordtracker untuk mencari data berapa banyak “Search” tentang suatu keyword di internet setiap harinya. Semakin banyak orang mencari kata tersebut berarti semakin banyak orang mencari produk atau jasa yang berhubungan dengan keyword tersebut.
  • Bisa juga dengan menggunakan Keyword Tool & Google Trends yang disediakan Google.
  • Toko buku juga tempat untuk mencari pasar ceruk.  Produk apa yang paling banyak diiklankan serta baca artikelnya maka kita akan mengetahui apa yang diinginkan oleh mereka.
  • Klub atau organisasi juga menjadi sumber inspirasi dalam menemukan pasar ceruk. Sebagian besar mereka memuat daftar iklan yang sesuai dengan minat mereka.

Paling tidak Anda mempunyai referensi apa dan bagaimana menemukan pasar ceruk.

Tagged with:

Filed under: Internet Marketing

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!