Istilah Penting Internet MarketingSebagai seorang Newbie dalam Internet Marketing atau Bisnis Online, mengetahui istilah-istilah penting di dalamnya adalah wajib hukumnya. Mengapa? Karena istilah tersebut sangat berguna untuk mengembangkan bisnis online Anda, menghindari kesalahan yang tidak perlu dan menambah wawasan atau knowledge.

Banyak istilah yang digunakan menggunakan Bahasa Inggris karena awal perkembangan internet itu berasal dari Negara-Negara Barat yang tentunya menggunakan Bahasa Inggris. Menguasai Bahasa Inggris adalah bagus sebagai modal awal namun hal itu bukanlah syarat utama karena masih banyak tool yang bisa digunakan untuk membantu lemahnya Bahasa Inggris Anda.

Selain itu karena sering praktek lambat laun Bahasa Inggris Anda akan meningkat dengan sendirinya. Ingat Anda itu bukan sebagai Translator atau Content Writer tetapi Anda itu sebagai Content Publisher yang menangkap peluang dan mempromosikan di Target Market yang tepat. Ingin cepat belajar Bahasa Inggris berikut tipsnya.

Saya melihat keberhasilan di Internet Marketing itu karena keuletan, konsisten, tidak mudah menyerah, mau terus belajar meningkatkan skill dan selalu mempraktekkan apa yang telah Anda pelajari sebagai pondasinya dan bukan karena faktor kemampuan Bahasa Inggris yang menonjol.

Berikut adalah Istilah-istilah dalam Internet Marketing yang Penting:

1. Monetize (Monetisasi)

Yaitu suatu cara yang Anda gunakan untuk menghasilkan uang di Bisnis Internet yang berkaitan dengan traffic atau visitor yang datang ke Website Anda atau bahasa kerennya “The Ways How to make money”.

2. Bonus

Yaitu Sesuatu yang Anda berikan kepada pelanggan Saudara karena telah membeli produk melalui link Anda. Bonus ini bisa berupa E-book (biasanya format PDF, Video atau report lainnya dan mengirimnya via email si Pelanggan.

3. Offline Marketing

Yaitu pemasaran website atau blog yang tidak secara online, contohnya bisa melalui kartu nama, stiker, poster, dll. Pemasaran offline itu juga sangat ampuh diterapkan bila market Anda di Indonesia.

4. Outsourcing

Yaitu suatu cara untuk meringankan beban kerja Anda dengan memperkerjakan orang atau Freelance atau bisa juga secara Fulltime. Bila bisnis online Anda telah sukses Outsourcing adalah suatu pilihan yang harus Anda ambil demi mempercepat berkembangnya bisnis Anda dan akan membuat Anda lebih santai menikmati hasilnya.

5. Google Webmaster Tools

Yaitu suatu fasilitas atau site dari Google yang akan memberikan berbagai keuntungan atau data yang berkaitan dengan website Anda, mulai dari indikasi adanya malware, backlinks, dll.

Bagi Anda yang memang berniat serius menekuni Bisnis Online, mendaftar di Google Webmaster Tools adalah sangat dianjurkan karena banyak informasi dan kegunaan yang akan Anda rasakan.

Bila Anda telah memiliki Account Gmail tinggal Sign-in saja dan daftarkan semua website atau blog Anda. Pelajari semua fitur yang ditawarkan dan Anda bisa cek juga melalui video tutorial di dalamnya.

6. Back End

Yaitu suatu produk berikutnya yang diluncurkan setelah produk pertama sukses di pasaran atau sering disebut “follow-up Business”. Biasanya harga produk back-end lebih tinggi dibandingkan dengan produk pertama yang Anda luncurkan.

7. Target Market

Yaitu sekelompok orang atau konsumen di dalam pasar untuk produk atau jasa tertentu. Bagi Internet Marketer Target Market disebut sebagai “Potential Buyer”. Contohnya adalah wanita yang berusia antara 40-60 tahun yang berusaha selalu tampil muda dengan produk Anti Aging.

8. Membership Program

Yaitu suatu website yang mempunyai konten, video atau jenis tutorial lainnya dan hanya bisa diakses melalui password tertentu. Biasanya site ini merupakan forum yang saling sharing diantara anggotanya. Berikut ada plugin WordPress Membership yang bisa Anda pelajari.

9. Propects

Yaitu seorang atau sekelompok pelanggan yang mempunyai kemampuan daya beli terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

10. Opt-ins

Yaitu seseorang atau visitor yang mengisikan nama dan alamat emailnya untuk mendapatkan email balasan dari Anda berupa konten, video, tutorial, audio atau program-program lainnya secara berkala. Biasanya mereka bersedia mengisi Opt-in tersebut karena Anda janjikan mendapatkan bonus via email.

11. Autoresponder

Yaitu suatu program software yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan email yang sudah disetting terhadap email list yang Anda dapatkan dari Opt-ins.

12. List Building

Yaitu daftar email yang Anda kumpulkan dan siap untuk dikirimi email balasan melalui autoresponder.

13. Affiliate dan Super Affiliate

Affiliate yaitu seseorang yang bertindak sebagai broker yang memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan komisi dan Super Affiliate adalah seseorang yang mampu menjual produk orang lain dalam jumlah besar dan tentu juga mendapatkan komisi yang besar pula.

14. Associate dan Affiliate Program

Kedua kata di atas artinya sama yaitu Vendor atau Merchant yang mempromosikan produk atau jasa melalui orang lain untuk mendapatkan komisi contohnya adalah Amazon.com dan Clickbank.com.

15. Unique Visitors

Yaitu visitor yang melakukan klik suatu program di dalam suatu website dalam rentang waktu 24 jam.

16. Forum

Adalah tempat bersama untuk sharing, tukar pengalaman di suatu website tertentu yang mempunyai tujuan dan kepentingan sama.

17. Cookies

Yaitu suatu file teks yang sangat kecil dan tertanam di komputer Anda yang gunanya untuk men-trace atau mendeteksi suatu affiliate program, sales dan lain-lain yang berupa nomer ID.

18. Sales Letters

Yaitu suatu komunikasi tertulis yang dimaksudkan untuk menjual produk atau jasa yang berfungsi persuasive atau membujuk agar bersedia membeli produk yang Anda tawarkan.

19. Continuity

Yaitu suatu pendapatan yang Anda dapatkan secara terus-menerus atau berkesinambungan dalam bisnis Internet Marketing.

20. Getresponse

Adalah salah satu jenis jasa Autoresponder yang banyak digunakan oleh para Internet Marketer.

IMAGE BY MITRO2010

Tagged with:

Filed under: Internet Marketing

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!