Promosi Off-line Untuk WebsitePromosi offline bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan mengenai sasaran. Bila website atau blog Anda mempunyai market di Indonesia, promosi offline bisa dicoba dan diimplementasikan secara lebih cerdas. Anda harus selalu ingat bahwa jangan pernah bergantung pada satu atau dua jenis promosi saja, jadi lakukan dengan berbagai jenis saluran pemasaran atau Multiple Promotions.

Bila website atau blog Anda menyasar konsumen di Luar Negeri, mungkin cara offline kurang efektif. Cara Promosi offline dilakukan untuk melengkapi cara online agar lebih banyak konsumen yang mengakses website Anda dan pada akhirnya bisa meningkatkan traffic secara berkelanjutan. Kadang teknik SEO yang mentargetkan keyword tertentu kalah bersaing dengan website lain dan dengan tambahan promosi offline ini diharapkan dapat meningkatkan promosi dari mulut ke mulut, melalui pengamatan, dll.

Untuk mewujudkan jenis promosi offline ini perlu dipersiapkan sticker yang tertera Domain atau alamat website Anda secara jelas, benar dan cukup mencolok walaupun dibaca dari jarak yang cukup jauh. Jadi perlu dikombinasikan warna Domain dan backgroundnya dengan kontras yang baik. Diusahakan tulisan Domain Anda jangan terlalu kecil.

Jadi untuk melancarkan strategi ini, jangan pernah mengganti Domain website atau blog Anda ataupun Email Anda terlalu sering. Lebih baik pencantuman di stiker pada website Domain utama Anda, kalaupun Anda mempunyai website lokal lain, dalam prakteknya bisa dibuat link yang tersambung ke website utama yang kita promosikan. Jadi tidak terlalu banyak domain yang tertera di stiker promosi.

Berikut adalah Contoh Beberapa Promosi Offline yang bisa Anda coba dan praktekkan

1. Tempelkan Link Website di Tempat Anda Bekerja

Tempat kerja dalam hal ini tidak terpaku hanya di kantor saja tetapi bisa juga di lapangan, gudang, toko, dll tergantung dengan jenis pekerjaan yang Anda geluti. Yang penting lokasi tempelan stiker di tempat yang strategis dan mudah dilihat oleh teman, rekan kerja, atau orang lain

2. Tempelkan Link Website di belakang kendaraan atau mobil kita

Promosi melalui mobil Anda atau mobil umum yang Anda bayar sangatlah efektif. Mengapa? Karena mobil ataupun kendaraan umum tersebut selalu bergerak kemana-mana dan secara otomatis akan dilihat orang banyak.

Ingat promosi Calon Gubernur DKI Jakarta 2012 Hasnaeni, SE si Wanita Emas. Sepertinya Wanita yang berambisi menggantikan Fauzi Bowo (Foke) ini telah membayar sopir ataupun Pemilik mobil umum untuk ditempeli poster besar sebagai sarana kampanye Jadi banyak penumpang, pengendara motor atau mobil pribadi, pejalan kaki dan orang yang mengikuti kendaraan umum ini dari belakang akan melihat cara promosi seperti ini.

3. Tempelkan Link Website kita di Kaos dan dibagikan Gratis

Cara menuliskan link URL atau nama website di kaos harus dengan kualitas yang baik agar tidak mudah hilang atau rusak bila kaos tersebut dicuci, kena hujan atau terpapar sinar matahari secara terus menerus.

Jenis promosi ini memang memerlukan biaya yaitu dalam membeli kaos dan membuat sablon nama Domain website Anda.

Bagikan secara cuma-Cuma kaos tersebut agar dipakai oleh banyak orang dan bisa dilihat orang lain secara lebih luas.

4. Tempelkan Link Website Anda di tempat yang Strategis

Penempelan stiker ditempat yang strategis juga merupakan promosi offline yang sangat efektif seperti di tempat potong rambut, tempat olah raga/ futsal, pasar, tempat kursus, sekolah, dll pokoknya yang mudah dilihat orang banyak.

Dari beberapa cara di atas, tentu ada saja yang tertarik untuk melihat website Anda dan mungkin akan menjadi pelanggan setia Anda. Namun agar tidak menghabiskan uang lakukan secara bertahap dan juga atur pengeluaran uang Anda. Memang harus di akui hasilnya maksudnya traffic yang Anda dapatkan tidak bisa diraih secara instant namun pelan dan pasti.

Menempelkan stiker di tempat yang strategis kadang-kadang memerlukan izin dan uang sebagai tanda terima kasih. Hal ini perlu disiasati dengan bijak yaitu mendapatkan akses promosi yang lebih luas namun hanya mengeluarkan uang yang seminimal mungkin.

Selain promosi offline ini harus dibarengi dengan optimasi affiliate link, banner, iklan di website atau blog Anda. Percuma saja bila traffic sudah tinggi dan Anda sudah mengeluarkan uang namun tidak ada penjualan (konversi) yang terjadi. Jadinya Anda rugi.

Selamat Mencoba!!

IMAGE BY GREG GASKILL

Tagged with:

Filed under: Internet Marketing

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!