Saat saya lagi bergairah memasarkan produk ebook untuk konsumen dalam negeri tiba-tiba saya kaget karena kedua website saya berantakan terkena serangan hacker.  Pantesan saja setelah saya tes dengan keyword andalan di google.com yang biasanya keluar pada halaman pertama tiba-tiba menghilang.

Masalah ini saya alami saat mengaktifkan website penjualan ebook saya di website rahasia banyak properti. Saya tidak menyangka bahwa website tersebut diserang oleh Hacker atau spambot demikian dalam. Contohnya adalah serangan pharma hack.

Ternyata website pengumpan saya juga terdapat masalah yang sama. Di website cara bisnis properti ini Pembaca yang tertarik dengan bisnis properti akan dialihkan ke website penjualan agar dapat membaca apa saja kelebihan dan manfaat yang akan didapat jika terjun sebagai Pebisnis Properti.

Untuk mengatasi masalah ini saya melakukan beberapa langkah agar website wordpress saya bersih dan dapat menghasilkan lagi seperti semula yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Sebelum melaunching website Anda sebaiknya dilakukan back up data dengan plugin agar jika terjadi gangguan bisa langsung diaktifkan lagi.
  2. Sering mengupdate wordpress yang terbaru karena setiap ada celah kelemahan terhadap engine ini maka si developer wordpress akan mengupdate lagi.
  3. Mengganti username dan password di wp-admin dan c-panel. Jangan pernah memakai nama “admin” untuk username dan password selalu pakai yang kuat. Kombinasi huruf dan angka, besar dan kecil sangat dianjurkan agar tidak mudah dibobol orang atau mesin otomatis yang tidak bertanggung jawab.
  4. Menginstal plugin akismet. Plugin ini paling tidak cukup ampuh menghalau spam atau spambot yang menyerang walaupun tidak sempurna 100%.
  5. Menginstal plugin limit login attempt dan wordforce security.
  6. Hapuslah file atau plugin yang tidak terpakai di website Anda.
  7. Bagi Anda yang masih bingung karena ternyata setelah dilakukan beberapa langkah penyelamatan kok masih terkaena hack. Anda bisa menghubungi hosting Anda untuk membantu. Mengapa demikian? Karena malware atau malicious tidak hanya menyerang dan tinggal di area wp-admin tetapi juga di beberapa file yang ada di Hosting Anda. Ini tugas mereka untuk membersihkan karena meraka tentu mempunyai ahli yang cukup untuk mengatasi yang demikian.

Ingat bahwa pengamanan ini tidalah selamanya karena para hacker akan selalu mencari jalan dan cara lain untuk membobol website Anda. Mungkin sekarang aman tetapi tidak untuk yang akan datang.

Maka saran saya, ceklah terus dan rawatlah website Anda secara berkala. Jadi jika terjadi sewaktu-waktu maka gangguan akan segera dapat diatasi dan diperbaiki.

Semoga bermanfaat.

Tagged with:

Filed under: Keamanan Website

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!