Tips Menulis PostingMenulis bagi sebagian orang adalah mudah namun bagi lainnya adalah sangat sulit. Namun dengan belajar terus-menerus maka yang tadinya sulit menjadi lebih mudah. Bagi seorang Blogger atau Internet Marketer menulis adalah hal yang sangat penting dan merupakan pekerjaan utama.

Mengapa demikian? Ya, karena hampir semua urusan bisnis online dikerjakan dengan cara menulis. Mulai dari menulis menulis e-mail, mengisi data sign-up, komunikasi dengan pihak atau perusahaan lain karena service mereka mengalami problem, menjawab komentar visitor di blog dan masih banyak lagi.

Berdasarkan pengalaman Penulis sendiri, awalnya menulis mengalami kesulitan. Padahal setiap hari atau paling tidak seminggu sekali harus menelorkan 1 postingan di blog. Kalau blognya Cuma satu tidak masalah namun bila lebih dari satu, maka diperlukan cara dan strategi yang tepat agar kita tetap semangat dan dapat menghasilkan postingan yang berkualitas.

Selain berkualitas juga harus disukai oleh pembaca blog. Pengunjung ke Blog kita akan balik lagi karena mereka menganggap bahwa posting atau artikel yang kita publish adalah bermanfaat atau dapat memecahkan masalah mereka.

Berikut adalah 10 Tips Bagaimana Menulis Posting yang disukai Pembaca:

1. Adanya Pendahuluan

Paling tidak ada sedikit kata pengantar yang kita ungkapkan sebelum menuju pokok permasalahan. Latar belakang ini berguna bagi pembaca karena mereka akan tahu arah topik yang akan dibahas.

2. Mempunyai Topik yang Jelas

Supaya Anda tidak mengalami stuck atau kebuntuan dalam menulis, sebelumnya harus sudah menggenggam topik yang akan diutarakan. Hal ini mempermudah Anda dalam menulis dan mempercepat proses penulisan. Ada baiknya sebelum menulis sudah mempunyai catatan kecil mengenai informasi yang akan dibeberkan.

3. Penggunan Kata yang Sederhana

Anda bukan seorang Penyair yang menulis bertele-tele. Kita lebih baik menulis kata “dekat” dari pada “tidak terlalu jauh”. Penggunaan kata yang efektif dan efisien sangat disukai pembaca.

4. Lebih Spesifik

Dalam menulis sebaiknya yang fokus dan tidak melebar keluar dari topik yang dibahas. Jelaskan dengan contoh atau perumpamaan bila diperlukan agar pembaca lebih mengerti apa yang Anda maksudkan.

5. Gunakan Kalimat Aktif

Kalau dalam bahasa Inggris menulis kalimat pasif lebih panjang kalimatnya bila dibandingkan kalimat aktif. Berdasarkan penelitian kalimat pasif itu lebih membosankan pembaca. Boleh digunakan tetapi tidak berlebihan.

6. Paragraf Pendek

Tidak bisa dipungkiri bahwa paragraf pendek lebih disukai dan dimengerti pembaca karena poin yang kita tulis lebih mudah ditangkap oleh mereka. Lebih baik lagi bila satu paragraf terdiri dari satu ide.

7. Menghindari Pengulangan

Pengulangan kalimat yang sama sangat tidak baik dalam penulisan posting. Gunakan kata atau kalimat yang berbeda bila mempunyai ide yang hampir sama untuk dijelaskan.

8. Posting jangan terlalu Panjang

Berdasarkan penelitian menulis terlalu pendek itu tidak dipercaya, kurang detil dan tidak berkesan Anda seorang Expert. Tetapi menulis terlalu panjang juga kehilangan fokus karena kesannya bertele-tele. 350-700 kata adalah jumlah yang ideal dalam menulis sebuah posting.

9. Hilangkan kata atau kalimat yang tidak perlu

Kadang-kadang kalimat yang kita tulis itu terlalu berlebihan atau malah mengurangi arti kalimat itu sendiri. Sebaiknya kalimat atau kata yang mengganggu itu dihilangkan saja.

10. Lakukan Pengeditan

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan Pengeditan. Penulisan kata yang salah, ejaan yang meleset dari EYD dibetulkan, susunan paragraf dirapikan dan lain-lain. Jadi saat akan dipublish itu postingan kita benar-benar sudah sempurna atau paling tidak mendekati sempurna.

Ayo tetap semangat!

Tagged with:

Filed under: Konten

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!