Sikap Mental Monetisasi BlogBila Anda ingin serius menekuni dunia Internet Marketing dengan cara memonetisasi blog jangan dilakukan dengan setengah-setengah karena hasilnya pasti juga cuma setengah. Walaupun Anda masih bekerja di kantor (daily job), tetapi komitmen dan waktu tetap menjadi prioritas utama demi suksesnya bisnis Anda. Saya pikir 2-3 jam perhari adalah waktu yang ideal bagi Anda yang masih bergantung pada pendapatan bulanan.

Beberapa orang mempunyai perasaan yang berbeda dalam menyikapi masalah cara mencari uang lewat blog. Bila Anda merasa bahwa mencari uang lewat blog itu haram, tidak baik, memalukan atau terkesan rakus maka saya sarankan Anda jangan sekali-kali memonetisai blog Anda karena hasilnya tidak akan maksimal.

Namun bila perasaan Anda masih ragu-ragu, cobalah untuk berpikir ulang dan menentukan kembali misi Anda yang sejak awal itu apa. Kalau memang sekedar menyalurkan hobi, curhat atau sharing of what your experience to othersit’s fine just go on.

Ada beberapa sikap mental yang harus Anda miliki supaya berhasil dalam memonetisasi blog salah satunya adalah Anda harus sukses walaupun tantangannya sangat besar. Bila konten Anda itu asli dan bukan copy paste, Anda layak untuk mendapatkan hasil sesuai dengan kerja keras Anda selama ini. Jangan pernah ragu atau malu bila Anda mau menempatkan iklan seperti Adsense atau Chitika ke blog-blog Anda atau mungkin meminta donasi dari para pengunjung blog. Sering saya melihat blog orang lain yang minta dibelikan kopi (Please buy me coffee $2) atau (Buy me for Dinner $3) dalam donasi mereka.

“Saya takut melakukan itu semua, ngeri jangan-jangan pengunjung blog saya akan lari”. Itulah yang dikawatirkan oleh sebagian besar pemilik blog yang berniat memonetisasi blog-nya. Selama konten Anda asli dan bermanfaat bagi pengunjung jangan pernah merasa takut. Mungkin hanya sekitar 1% pengunjung yang akan komplain dengan hal ini. It’s not a problem.

Yang harus Anda pikirkan selanjutnya adalah bagaimana produk yang Anda rekomendasikan bagi pengunjung itu benar-benar bagus dan mampu memecahkan masalah bagi mereka yang membelinya lewat blog Anda. Hal ini bila Anda memonetasi blog selain iklan juga dengan sistem afiliasi.

Untuk membina hubungan jangka panjang dengan pengunjung yang membeli produk yang Anda rekomendasikan ada baiknya ditanyakan kepada mereka tentang produk yang telah mereka beli. Apakah bagus, memuaskan atau bahkan sebaliknya.

Review atau pendapat pengunjung yang puas layak Anda publikasikan demi meningkatkan penjualan produk tersebut, namun bila banyak yang kecewa maka ada baiknya Anda menarik dan mengganti dengan produk lain yang lebih bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk menghindari komplain pengunjung tentang hal ini sebaiknya Anda membuat page khusus tentang Disclaimer yang menerangkan bahwa Anda memang memonetasi blog tersebut dan kepuasan atau kesuksesan yang diperoleh orang lain setelah membaca atau membeli produk yang Anda rekomendasikan tidak serta merta juga akan dialami oleh setiap orang.

Keberhasilan Anda dalam memonetesasi blog sangat tergantung dengan rasa percaya diri, sering mencoba (trial and error) dan praying for the best result.

Tagged with:

Filed under: Mindset Bisnis

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!