sales page yang efektif dan ampuhSetelah produk yang akan dijual selesai baik produk sendiri atau produk orang lain maka langkah selanjutnya adalah bagaimana membuat sales page yang menarik agar para pembaca atau calon pembeli itu berminat.

Membuat sales letter bisa dilakukan di home page suatu website pemasaran atau diletakkan di page khusus dalam blog atau website. Dua-duanya baik dan tidak masalah asalkan memenuhi beberapa ketentuan agar mendapatkan konversi penjualan yang optimal.

Berikut adalah bagian penting dari sales page yang efektif:

  • Apa benefitnya

Dengan kata lain apa manfaat apa yang didapat oleh pembeli dengan produk tersebut.  Poin ini yang sangat paling penting dibandinkan dengan poin lainnya.

  • Tunjukkan “studi kasus”

Contoh keberhasilan atau efektivitas dari produk sangatlah perlu dijabarkan karena mereka yang ingin membeli akan melihat apakah produknya memang cocok atau tidak dalam menangani solusinya.

  • Tampilan sales letter menarik

Tampilan ini tidak harus menarik dari segi kalimat tetapi juga pada tombol CTA (call to action), warna dan penempatan poin-poin penting dan ilustrasi  gambar ebook.

  • Adanya Testimonial

Banyak yang berargumentasi bahwa orang tidak percaya dengan sales page tetapi mereka percaya dengan orang yang telah membeli. Jadi tunjukkan testimoni riil mereka yang telah membeli.  Menyebut siapadan nama mereka akan lebih baik.

  • Money Back Guarantee

Ini kata sakti “Money Back Guarantee” . Jika produk Anda benar-benar berkualitas jangan takut untuk memberikan jaminan uang kembali. Hal ini akan membuat yakin calon pembeli untuk kepuasan konsumen yang pada akhirnya.

  • Adanya FAQ (Tanya Jawab)

Poin ini sebaiknya berada di luar sales page dan diberikan di sales page berupa link saja. Banyak calon pembeli potensial ingin mengetahui lebih dalam apa saja yang ingin ditanyakan atau diketahui sebelum benar-benar membeli produk Anda.

  • Adanya CTA (Call To Action)

Poin in sangatlah penting. Setelah bercerita panjang lebar selanjutnya perintahkan untuk melakukan proses pembelian dengan menekan tombol atau link yang jelas di bagian akhirnya. Sebutkan harganya dan kemudian siapkan tombol atau link seperti contoh di bawah ini:

“Ya, Saya Membeli Sekarang”

“Buy Now”

“Add to Cart”

Jika sales page Anda telah memenuhi semua yang dianjurkan di atas saya yakin penjualan produk Anda akan meningkat dengan catatan pengunjung yang datang tertarget. Apa maksudnya? Banyak pengunjung yang datang ke blog atau website kita namun tidak semua dari mereka adalah yang mencari solusi atau persoalan yang sebenarnya.

Maka tidak heran jika banyak yang langsung pergi ke blog lain karena tidak sesuai sasaran yang tepat. Jika pembaca tersebut tertarget itu menandakan bahwa produk yang kita tawarkan menjadi solusi mereka dan mereka akan bersedia meluangkan waktu untuk membaca sales letter kita dan membaca benefit apa saja yang ditawarkan.

Jika sudah sesuai dengan produk atau jasa yang kita tawarkan dan cocok dengan harganya maka akan terjadilah penjualan. Maka tidak ada salahnya jika kita sebagai pemilik produk menjelaskan dengan jelas bagaimana cara pembelian dan pembayarannya.

Berikan kemudahan dalam proses “Closing” ini. Contohnya:

  • Untuk pasar Indonesia bisa menggunakan pembayaran/transfer dengan Bank BCA, BNI atau Mandiri yang sudah sangat dikenal di masyarakat.
  • Untuk pasar Asing bisa memakai Paypal atau kartu kredit.
  • Jika produknya berupa digital misalnya ebook atau video terdapat kemudahan dalam downloadnya. Lakukan tes sebelum dijual, apakah ebook/video tersebut mengalami kendala atau tidak dalam proses downloadnya.

Semoga bermanfaat.

IMAGE BY FROGERS

Tagged with:

Filed under: Sales Letter

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!